Skip to main content

follow us



Virus yang masuk pada hp android tanpa agan sadari bisa saja masuk dan merusak isi isi dari Hp. Penyebab yang sering di alami adalah ketika melakukan browsing pastinya. Ada juga melalui menambil file atau mendownload sebuah file file besar dan akhirnya server yang di download tersebut membawa sebuah virus.

Dan efeknya di setiap melakukan kinerja di hp yang tadinya biasa saja sebelum apa yang di lakukan menjadi lemot, lendet, susah loading di internet akhirnya virus virus pada folder berdatangan.

Cara yang saya share ini bisa agan coba saja di ponsel android agan manapun yang terkena virus. Tetapi sebelum itu alangkah baiknya agan ketahui dulu macam virus yang sering ada di android :

1. Engriks

Virus Engriks adalah virus yang mudah masuk ke dalam sistem android melalui kebiasaan menggunakan internet yang mengakses situs-situs yang sudah diblokir/dicekal oleh internet positif, seperti masuk akses dengan penggunaan vpn gratisan.



2. Obad

Obad adalah virus yang nantinya perangkat android menjadi ngelag atau hang tiba tiba. Virus ini dikenal dengan nama Backdoor.AndroidOS.Obad.a.



Virus ini masuk melalui aktivitas pengunduhan aplikasi yang dilakukan di halaman web tertentu. Setelah berhasil masuk virus tersebut akan menyerang sistem android pada smartphone anda.



3. Cyber.Police

Sama halnya dengan Engriks, virus Cyber.Police juga menjangkit lewat akses internet dari situs-situs yang sudah diblokir/dicekal oleh internet positif.



Itulah tadi macam-macam virus yang menyerang android. Setelah mengetahuinya, berikut adalah cara menghapus virus di android :



Cara Menghapus Virus di Android




Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus virus yang menyerang android anda. Berikut adalah cara-caranya:



Menggunakan Aplikasi

Terdapat banyak aplikasi-aplikasi anti virus yang tersedia di Play Store. Anda bisa mendownload dan menggunakan salah satu di antaranya untuk menghapus virus di android.



Avast Mobile Security & Antivirus

Aplikasi ini memiliki fitur yang sudah cukup lengkap. Seperti, RAM cleaner, Lock application, cache cleaner, pengisian baterai dan pemantau penggunaan internet.



Untuk menghapus virus menggunakan Avast, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :



1. Download dan instal aplikasi Avast Mobile Security pada android anda.



2. Selanjutnya buka aplikasi avast dan tap tombol Get Started. Maka, anda akan langsung masuk ke halaman utama aplikasi.



3. Pada halaman utama aplikasi tab tombol Scan. Pada langkah ini, avast akan memindai virus dan ancaman lainnya yang terdapat dalam android anda.



4. Setelah selesai memindai, avast akan menunjukan berbagai masalah yang telah ditemukan. Selanjutnya, anda tinggal tab tombol Resolve untuk menghapusnya.



Kaspersky Mobile Antivirus

Hampir sama dengan avast, aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus memiliki beberapa fitur yang ampuh untuk menghapus virus di android. Seperti, Virus scaner, virus protection, lock application dan fitur lacak ponsel jika hilang.



Cara penggunaannyapun hampir sama dengan avast, anda hanya perlu masuk ke menu Anti-Virus kemudian tap Scan. Setelah itu hapus.



Tanpa Menggunakan Aplikasi

Ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghapus virus di android. Cara yang satu ini tanpa menggunakan aplikasi atau bnatuan dari pihak ketiga. Berikut adalah caranya :



1. Masuk ke Safe Mode

Umumnya, untuk masuk ke tampilan safe mode anda hanya perlu menekan tombol power dan volume secara bersamaan.



Dengan menggunakan tampilan safe mode ini maka akan memudahkan anda untuk mencari virus dan file-file yang tidak penting di dalam android.



Jika android terjangkit virus maka akan memunculkan aplikasi atau file asing di menu penyimpanan perangkat. Selanjutnya, anda hanya perlu mengahapus aplikasi atau file-file asing tersebut.



Itulah tadi beberapa cara mengahapus virus yang bisa anda gunakan. Baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Artikel Lainnya:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kotak Komentar